Kupas Tuntas Fungsi Alarm Kebakaran Manual dan Cara Kerjanya

Dalam upaya meningkatkan keselamatan dan kesiapsiagaan terhadap bahaya kebakaran, penggunaan alarm kebakaran menjadi unsur penting dalam sistem proteksi kebakaran. Salah satu jenis yang banyak digunakan adalah alarm kebakaran manual.

Fire alarm ini berperan vital dalam deteksi dini dan pemberitahuan cepat saat terjadi kebakaran di sebuah gedung. Artikel ini akan mengupas tuntas tentang alarm kebakaran manual, fungsi, dan pentingnya dalam sistem keselamatan.

Apa Itu Alarm Kebakaran Manual?

alarm kebakaran manual standar NFPA

Alarm kebakaran manual adalah sebuah perangkat dalam instalasi alarm kebakaran gedung yang dirancang untuk diaktifkan secara manual oleh seseorang setelah mendeteksi adanya tanda-tanda kebakaran atau asap.

Perangkat ini biasanya berbentuk kotak kecil dengan tombol atau tuas yang mudah dikenali dan diakses di lokasi strategis. Misalnya di koridor, dekat pintu keluar, atau di area yang mudah dijangkau oleh semua orang dalam sebuah gedung.

Ketika tuas atau tombol pada alarm kebakaran manual ditarik atau ditekan, alarm akan mengirimkan sinyal ke sistem pemadam kebakaran pusat gedung atau langsung mengaktifkan sirine atau bel alarm di seluruh area.

Sirine atau bel alarm yang berbunyi di seluruh area gedung akan memberitahu penghuni gedung tentang adanya bahaya kebakaran. Hal ini memungkinkan evakuasi segera dan tindakan pemadaman kebakaran dapat dilakukan lebih cepat.

Alarm kebakaran manual menjadi bagian penting dari sistem kebakaran karena memberikan cara langsung untuk mengkomunikasikan adanya situasi darurat. Terutama dalam skenario di mana sistem deteksi otomatis belum mendeteksi kebakaran atau asap.

Fungsi Alarm Kebakaran Manual dalam Sistem Proteksi Kebakaran

alarm kebakaran manual kualitas sudah teruji

Alarm kebakaran manual memainkan peran krusial dengan memberikan lapisan keamanan tambahan. Berikut ini adalah beberapa fungsi dan kegunaan utama dari fire alarm manual dalam menjaga keselamatan penghuni dan aset dalam sebuah gedung:

1. Deteksi Dini dan Respons Cepat

Meskipun banyak gedung dilengkapi dengan sistem deteksi kebakaran otomatis, alarm manual memberikan kesempatan bagi individu yang pertama kali menyadari kebakaran untuk segera memberitahu penghuni gedung lainnya dan pihak berwenang.

2. Meningkatkan Keselamatan Penghuni Gedung

Alarm kebakaran manual secara signifikan meningkatkan keselamatan penghuni gedung. Penghuni dapat mengambil tindakan segera, baik itu melakukan evakuasi atau memulai upaya pemadaman awal sebelum kebakaran berkembang menjadi lebih besar.

3. Pelengkap Sistem Alarm Kebakaran Otomatis

alarm kebakaran manual spesifikasi terbaik

Dalam beberapa kasus, kebakaran mungkin tidak langsung terdeteksi oleh sensor asap atau panas karena berbagai alasan, seperti lokasi kebakaran yang terisolasi. Dalam situasi seperti ini, keberadaan alarm manual menjadi sangat penting.

4. Mobilisasi Sumber Daya Pemadaman Kebakaran

Setelah alarm kebakaran manual diaktifkan, pesan peringatan dikirim ke panel kontrol pusat dan pihak pemadam kebakaran. Hal ini membantu dalam pengerahan armada pemadam kebakaran dan peralatan yang diperlukan ke lokasi kejadian dengan cepat.

5. Memudahkan Evakuasi

Alarm kebakaran yang diaktifkan tidak hanya menginformasikan tentang adanya kebakaran tetapi juga dapat memicu sistem penunjuk arah evakuasi dan penerangan darurat, membimbing penghuni gedung menuju keluar dengan aman.

Baca juga: SOP Alarm Kebakaran Menurut Standar NFPA

Cara Kerja Alarm Kebakaran Manual dalam Mendeteksi & Merespon Kebakaran

alarm kebakaran manual penawaran harga terbaik

Berbeda dengan fire alarm otomatis yang bekerja berdasarkan deteksi asap atau panas, alarm kebakaran manual memerlukan aktivasi secara langsung oleh manusia. Penghuni di area gedung dapat langsung mengaktifkan alarm dengan cara menarik tuas atau menekan tombol manual pull station fire alarm.

Setelah alarm diaktifkan, sistem akan mengirimkan sinyal elektrik ke panel kontrol utama. Selanjutnya, sistem secara simultan mengaktifkan sirine atau bel peringatan yang terpasang di berbagai lokasi strategis di dalam gedung.

Suara peringatan ini bertujuan untuk memberitahu semua penghuni gedung tentang adanya kebakaran, sehingga mereka dapat segera mengambil tindakan. Baik dengan melakukan evakuasi atau memanggil petugas pemadam kebakaran.

alarm kebakaran manual mudah dioperasikan

Dalam beberapa sistem yang lebih canggih, aktivasi alarm kebakaran manual juga dapat secara otomatis memberitahu petugas pemadam kebakaran melalui sistem komunikasi yang terintegrasi.

Selain mengaktifkan sirine peringatan, sistem alarm kebakaran juga dapat terhubung dengan sistem manajemen gedung untuk mengaktifkan tanda-tanda evakuasi darurat dan penerangan. Hal ini akan memudahkan penghuni gedung untuk menemukan jalur keluar terdekat dan menghindari area yang terkena dampak kebakaran.

Dengan memberikan peringatan dini tentang adanya kebakaran, alarm kebakaran manual memungkinkan upaya pemadaman kebakaran untuk dimulai lebih awal. Baik oleh tim pemadam kebakaran profesional maupun melalui penggunaan alat pemadam api portable oleh penghuni gedung, sehingga potensi kerusakan dan korban jiwa dapat diminimalisir.

Baca juga: Standar Ketinggian Manual Pull Station Fire Alarm Menurut NFPA

Tingkatkan Keamanan Bisnis Anda dengan Alarm Kebakaran Manual Standar NFPA

alarm kebakaran manual garansi 1 tahun

Dalam dunia proteksi kebakaran, kecepatan dan keandalan merupakan dua faktor yang tidak bisa ditawar. Manual Push Button GuardALL hadir sebagai solusi canggih yang dirancang untuk menjawab kedua faktor tersebut.

Dengan spesifikasi teknis yang mengesankan, produk ini menjanjikan performa yang dapat diandalkan dalam situasi darurat. Mari kita ulas lebih dalam mengenai produk ini. Spesifikasi Manual Push Button GuardALL antara lain:

  • Operation Voltage: 24 V DC
  • Max.Current: 1 A at 24 v DC
  • Contact Resistance: ≤ 0.2 Ω
  • Temperature Range: -10°C ~ +50°C
  • Max. Relative Humidity: ≤ 93 RH ± 2%
  • Dimension: 87 x 87 x 51 mm

Alarm kebakaran manual GuardALL telah terintegrasi dengan standar National Fire Protection Association (NFPA). Hal ini memastikan aset Anda dilengkapi dengan perlindungan kebakaran yang memenuhi standar keamanan internasional.

Dengan desain yang kuat dan mudah diaktifkan, tidak perlu lagi khawatir dengan keterlambatan deteksi kebakaran. Cukup tekan tombol, dan sistem kami akan segera mengaktifkan alarm kebakaran untuk memperingatkan semua orang.

Warna yang mencolok dan instruksi yang jelas pada setiap unit alarm kebakaran GuardALL dirancang untuk memastikan bahwa siapa pun dapat bertindak cepat dalam situasi darurat, tanpa perlu berlatih khusus.

Manual Push Button GuardALL tidak hanya unggul dalam aspek teknis dan fungsional, tetapi juga dalam desain dan daya tahan lingkungan. Keandalan yang ditawarkan oleh produk ini menjadikannya pilihan yang tepat untuk sistem proteksi kebakaran Anda.

alarm kebakaran manual asli distributor resmi

Kami tahu bahwa Anda tidak pernah ingin menggunakan alarm kebakaran. Namun, ketika situasi darurat terjadi, GuardALL siap menjadi penyelamat Anda. Jangan tunggu sampai terlambat. Lindungi gedung, kantor, dan bisnis Anda dengan Fire Alarm Manual GuardALL.

Pastikan Anda mendapatkan produk yang asli dari distributor resmi, seperti Patigeni. Selain menyediakan alarm kebakaran manual, Patigeni juga menjual berbagai komponen fire alarm GuardALL lainnya. Cek DISINI untuk informasi produk lebih lanjut.

Recommended Posts

Leave a Comment