Fire Suppression Systems Apakah itu? Bagaimana Cara Kerjanya?

Fire Suppression Systems

Kebakaran merupakan salah satu bencana yang tidak dapat diprediksi kapan datangnya dan dimana lokasinya. Akan tetapi, kita bisa melakukan berbagai macam tindakan pencegahan, agar lokasi yang rawan terjadi kebakaran tidak menimbulkan bencana kebakaran. Yaitu dengan cara memasang sistem proteksi kebakaran.

Fire Suppression systems merupakan salah satu dari sekian banyaknya jenis sistem proteksi kebakaran yang mampu melindungi aset berharga Anda. Ruang dengan peralatan yang harus menyala dan bekerja selama seharian penuh. Selain itu juga suhu ruangan yang cenderung tinggi dengan perawatan yang minim mampu memicu terjadinya kebakaran.

Distributor distributor fire suppression systems terbaik Jakarta

Biasanya, fire suppression systems ini dipasang di sebuah ruangan yang rawan akan terjadinya kebakaran dan juga didalam ruangan tersebut asetnya tidak boleh terkena air. Seperti di museum, ruang server, panel listrik pada sebuah gedung, dapur dan sebagainya.

Jika terjadi kebakaran pada ruangan-ruangan tersebut, biasanya petugas yang berwenang akan langsung melakukan tindakan preventif berupa pemadaman api menggunakan APAR. Akan tetapi hal itu, mungkin malah akan mengakibatkan kebakaran semakin menjadi besar.

Salah satu sistem proteksi kebakaran yang dapat diandalkan dalam situasi tersebut yaitu fire suppression systems. Reaksi yang cepat dari fire suppression systems inilah yang menjadikan sistem proteksi kebakaran jenis ini mampu Anda andalkan guna menyelamatkan aset berharga Anda.

Cara Kerja Dari Fire Suppression Systems

Fire Suppression System merupakan gabungan dari detector dengan perangkat sistem penindakan langsung. Sistem bekerja secara otomatis, sistem akan bekerja, jika detector mendeteksi adanya api yang menyambar secara terus menerus.

Pada sistem proteksi kebakaran jenis ini terdapat sebuah sensor yang akan terus memantau kondisi ruangan, yang sesuai dengan pengaturan yang sudah dibuat sebelumnya. Jika detector mendeteksi gejala-gejala kebakaran, maka Fire Suppression System ini secara otomatis akan merespon dan menyemprotkan media pemadam dengan cepat.

distributor fire suppression systems terbaik

Berikut merupakan rangkaian dari fire suppression :

  • Tabung kompresor atau akumulator, dikoneksikan pada sistem alat berat.
  • Alat berat ini memiliki fungsi untuk bisa mengakumulasikan tekanan gas.
  • Akumulator terpasang paralel dengan tabung pemadam dengan isi media pemadam, baik foam maupun CO2.
  • Detektor panas dihubungkan dengan pipa-pipa yang dipasang. Pipa tersebut terbuat dari bahan polimer yang terkenal tahan panas.
  • Lalu dikoneksikan dengan alarm dan juga lampu sirine yang akan menyala saat sensor panas telah mendeteksi perubahan temperatur dalam ruangan atau pun timbul asap pekat.

Jika terdeteksi masalah pada ruangan yang diproteksi, maka alarm akan berbunyi. Kemudian di saat yang sama, valve pada kompresor akan terbuka dan tekanan gas yang muncul mendorong media pemadam yang ada dalam tabung, mengalir menuju nozzle dan kemudian disemburkan ke arah sumber api untuk memadamkannya

Distributor Suppression Terbaik

Memilih distributor fire suppression systems yang terpercaya untuk perlindungan aset Anda merupakan hal yang sangat penting. Pasalnya, melakukan instalasi fire suppression harus dilakukan oleh tenaga ahli dengan berpacu pada acuan standart NFPA.

fire suppression systems terbaik

Firealarm.id merupakan distributor, konsultan, kontraktor fire systems terbaik dan terpercaya yang sudah bertrahun-tahun memberikan pelayanan terbaiknya kepada para mitranya. Selain itu, teknisi kami juga merupakan teknisi ahli yang memang dilatih guna mengatasi permasalahn sistem proteksi kebakaran.

Untuk melakukan konsultasi mengenai fire suppression systems, silahkan hubungi kami melalui menu kontak yang telah kami sediakan pada halaman situs kami. Selain itu juga, kami akan memberikan penawaran harga yang terbaik untuk perlindungan aset Anda.

Recent Posts

Leave a Comment