Instalasi Fire Alarm Gedung Itu Seperti Apa? Begini Penjelasannya

Apakah instalasi fire alarm gedung perlu dilakukan? Tentu saja, karena kebakaran merupakan suatu peristiwa yang tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi. Nah, dengan adanya fire alarm pada sebuah gedung, tentu akan sangat membantu untuk mendeteksi jika terjadi munculnya api yang dapat menyebabkan kebakaran.

instalasi fire alarm gedung

Fire Alarm Itu Apa Sih?

Fire alarm system adalah sebuah sistem yang terintegrasi dan didesain khusus untuk dapat mendeteksi jika terdapat gejala kebakaran pada suatu tempat. Kemudian alarm kebakaran sendiri memiliki cara kerja yang cukup sederhana, yaitu dengan mengandalkan detector untuk mendeteksi gejala kebakaran, seperti kemunculan asap, api, maupun overheat.

Kemudian dari detector akan mengirimkan sinyal ke panel fire alarm dan membuat alarm bell maupun indicating lamp menyala. Kemunculan suara dari fire alarm system menandakan jika akan atau sedang terjadi kebakaran pada titik tertentu di gedung tersebut.

Sehingga, pada saat alarm berbunyi, maka penghuni gedung dapat segera menyelamatkan diri sebelum api membesar. Itulah salah satu alasan kenapa melakukan instalasi fire alarm gedung itu sangatlah penting.

kontraktor instalasi fire alarm gedung

Jenis-Jenis Fire Alarm untuk Gedung

Dalam instalasi fire alarm gedung dibagi menjadi dua jenis, yaitu fire alarm konvensional dan fire alarm addressable. Nah, di bawah ini akan kami jelaskan secara singkat tentang perbedaan dari kedua jenis fire alarm system tersebut.

A. Fire Alarm Konvensional

instalasi fire alarm gedung full konvensional

Bisa dikatakan bahwa jenis fire fire alarm konvensional ini merupakan instalasi fire alarm gedung paling sederhana. Mengapa tidak, karena detector hanya memberikan informasi berdasarkan zona tertentu saja. Jadi, kita tidak akan mendapatkan informasi secara detail dimana tempat yang sedang terjadi kebakaran.

Maka dari itu, biasanya pemasangan fire alarm konvensional ini diperuntukkan pada gedung atau area skala kecil. Sehingga tidak terlalu kompleks dan sumber api juga mudah untuk diketahui

B. Fire Alarm Addressable

instalasi fire alarm gedung full konvensional

Berbeda dengan konvensional, untuk fire alarm addressable ini menggunakan identitas (ID) pada setiap detector sesuai dengan alamat masing-masing. Jadi, nanti detector dapat memberikan informasi secara detail dimana tempat yang terindikasi terjadi kebakaran. Pada instalasi fire alarm addressable untuk gedung ini harus dilengkapi dengan terminal loop.

Jadi, untuk terminal loop itu sendiri dapat dipasangi hingga 127 buah detector. Akan sangat efisien jika sistem ini diterapkan pada gedung yang luas dan bertingkat, seperti hotel, mall, area perkantoran, dan lain sebagainnya.

pentingnya instalasi fire alarm gedung

Acuan Instalasi Fire Alarm Gedung di Indonesia

Nah, untuk pemasangan fire alarm system pada sebuah bangunan di Indonesia memiliki standar kerja yang mengacu pada SNI (Standar Nasional Indonesia) No. SNI 03-3986-1995 tentang instalasi alarm kebakaran otomatis.

Sedangkan untuk pelaksanaan standar kerja, tetap berdasar pada SNI tentang perencanaan, pemasangan, percobaan sistem deteksi, dan alarm kebakaran untuk pencegahan bahaya kebakaran untuk gedung.

Di situ semua sudah dijelaskan tentang standar kerja, baik perencanaan, pemasangan, dan percobaan sistem deteksi fire alarm. Akan tetapi, untuk skematik fire alarm system lebih mengacu pada standar Internasional NFPA (National Fire Protection Association) yang sudah dikaji secara matang.

instalasi fire alarm system

Lalu, Apa Saja Komponen yang Diperlukan untuk Instalasi Fire Alarm Gedung?

Secara umum, baik itu jenis fire alarm konvensional maupun addressable, memiliki komponen yang hampir sama, sebagai berikut:

Anda ingin tahu lebih lanjut bagaimana cara instalasi fire alarm konvensional untuk gedung? Klik di sini …

instalasi fire alarm

Pilih Kontraktor Instalasi Fire Alarm Gedung yang Profesional dan Berpengalaman

Dalam upaya melakukan instalasi fire alarm gedung ini memerlukan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu, Anda harus benar-benar tepat dalam memilih kontraktor yang akan melakukan instalasi di gedung Anda.

Anda bisa memilih kontraktor yang berpengalaman, handal, dan profesional dalam melakukan pekerjaannya. Berikut akan kami bagikan sedikit tips bagi Anda untuk memilih kontraktor fire alarm system untuk gedung yang tepat.

  • Pastikan kontraktor tersebut menyediakan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda
  • Memiliki tenaga ahli yang profesional dan mengikuti standar yang berlaku
  • Kontraktor memiliki track record yang baik
  • Melakukan pengecekan dan pengujian setelah tahap pemasangan
  • Memberikan pelatihan penggunaan dalam penggunaan panel fire alarm
  • Bergaransi dan memiliki layanan maintenance fire alarm system

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar mendapatkan kontraktor yang tepat dan bertanggung jawab. Ingat, Jangan sampai salah pilih ya! Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut mengenai fire alarm system.

YouTube video player
Atau jika Anda tertarik untuk melakukan instalasi fira alarm gedung, bisa percayakan saja pada vendor kami, yaitu Patigeni. Selaku kontraktor sistem proteksi kebakaran terpercaya di Indonesia, Patigeni mengerahkan tenaga profesional dan andal dalam pemasangan sistem pemadam kebakaran. Selain itu, Patigeni juga sudah memiliki banyak portofolio yang bisa Anda lihat di sini …

Kemudian untuk menghubungi vendor kami, Anda bisa menghubunginya melalui kontak yang sudah tersedia di website Patigeni.

Nah, di atas kita sudah bahas panjang mengenai penjelasan tentang pengertian dan alasan kenapa harus melakukan instalasi fire alarm gedung. Yuk, konsultasikan kebutuhan fire alarm system Anda kepada kami!

Recommended Posts

Leave a Comment