Sistem Fire Alarm Konvensional, pengertian dan cara kerja.

Sistem Fire Alarm Konvensional. Tidak asing bukan dengan istilah tersebut? Ya, diartikel sebelumnya kami sudah membahas mengenai jenis-jenis fire alarm. Ada fire alarm full addressable dan fire alarm konvensional. Nah, sekarang kita akan membahas apa itu sistem fire alarm konvensional? Dan bagaimana cara kerjanya?

Apa itu Fire Alarm Konvensional?

Sistem Fire Alarm Konvernsional adalah sebuah sistem keamanan berupa alarm yang dirancang untuk gedung-gedung berskala kecil dengan ruang yang tidak begitu kompleks di setiap zonanya. Contohnya, sekolah, kantor, minimarket dan lain sebagainya.

sistem fire alarm konvensional

Dari pengertian di atas, maka timbul pertanyaan. Mengapa Fire Alarm Konvensional dipasang di gedung-gedung dengan skala yang kecil dan ruang yang tidak terlalu banyak? Karena sistem fire alarm ini memiliki rangkaian instalasi yang lebih simple dibandingkan dengan Fire alarm full addresable.

Fire alarm konvensional ini tidak dapat mengirimkan informasi address atau ID secara spesifik yang diterima oleh detektor. Sehingga cocok sekali untuk gedung yang tidak memiliki ruang yang kompleks dan banyak. Fire Alarm jenis ini hanya mampu menginformasikan tempat terjadinya bahaya hanya melalui zona atau loop, tanpa mengetahui detektor mana yang terpicu.

Bagaimana cara kerja fire alarm ini?

Kita semua pasti penasaran bukan? Jika komponen dan rangkaiannya sederhana, lalu bagaimana cara kerja dari fire alarm jenis ini? Mari kita ulas.

sistem fire alarm konvensional

Pada fire alarm jenis ini, detektor terhubung dengan kontrol panel hanya menggunakan kabel. Detektor akan mendeteksi kepekatan asap ataupun suhu panas yang naik secara signifikan, lalu detektor akan mengirimkan sinyal bahaya ke control panel, dan contorl panel akan membunyikan alarm bell.

Berbeda dengan jenis full addressable, fire alarm jenis ini akan mengirimkan informasi ke kontrol panel, zona mana yang terjadi kebakaran. Misal zona 1 diatur untuk hall, zona 2 untuk gudang makanan, dan seterusnya.

Lalu apa keuntungan menggunakan fire alarm jenis konvensional?

Jika gedung Anda tidak memiliki ruangan yang kompleks dan banyak, alangkah baiknya Anda memilih jenis yang ini. Dikarenakan harganya yang terjangkau untuk usaha kecil, maupun sekolah-sekolah dengan budget yang minim.

Butuh jasa instalasi fire alarm?

Kami melayani jasa pemasangan fire alarm, baik konvensional, maupun addressable. Lalu jenis apa yang harus saya pilih? Untuk itu, langsung konsultasikan kepada kami melalui telefon di (024) 76400888 atau via whatsapp di 0888 251 0888. Untuk lebih jelasnya lagi, jangan sungkan untuk menghubungi kami melalui menu kontak pada situs ini.

Percayakan kualitas keamanan fire alarm Anda di tangan kami. Lindungi dan sayangi aset berharga Anda sebelum terlambat!

Recommended Posts

Leave a Comment